materi SK 10


Kompetensi dasar 10 Menghindari perilaku tercela
 Standar kompetensi : 10.1 Menjelaskan pengertian Isyrof, Tabzir, Ghibah danFitnah
                                    10.2 Menjelaskan contoh perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan   Fitnah
10.3 Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari



israf
Kata israf berasal dari bahasa arab yang artinya melampaui batas. Orang yangberbuat isrof disebut musrif. Bentuk jamaknya adalah musrifin atau musrifun. Yangdimaksud dengan israf di sini ialah mempergunakan sesuatu yang melewati batas-batasyang patut menurut ajaran Allah SWT Israf termasuk perbuatan tercela, yangmendatangkan kerugian dan tidak disenangi oleh Allah. 
Israf yang harus dijauhi oleh setiap muslim dan muslimat terdapat dalam
berbagai perbuatan seperti :
1. Makan, minum dan berpakaian. Makan dan minum adalah kebutuhan dan naluri manusia sebagai makhlukbiologis, dengan makan dan minum yang seimbang ( halalah toyiban ) kitamendapat asupan energi baru untuk meningkatkan kualitas hidup dan beraktifitasserta menjalankan rutinitas kodratnya sebagai makhluk Allah. Allah swt menciptakanalam semesta ini dengan disain yang sangat sempurna semuanya diperuntukkanbagi kebutuhan hidup manusia dalam menjalankan tugasnya sebagai hamba Allah Alam akan selalu menyediakan kebutuhan makan dan minum manusia asal manusia
tidak berbuat aniaya (zalim) dengan cara melampaui batas. Islam mensyaratkan 2hal kepada manusia dalam memenuhi kebutuhan makan dan minumnya, yaitu :
1)Halalan : aksudnya makanan tersebut harus sesuai dengan rekomendasi syara.
2)Toyiban :artinya makanan tersebut memenuhi standar kebutuhan gizi yang
seimbang bagi kehidupan biologis manusia, bukan sekedar memenuhinafsu dan tidak mengeksploitasi alam secara membabi butaSeseorang dianggap berlebihan dalam makan dan minum apabila melampauibatas yang dibutuhkan oleh tubuh dan melampaui batas makanan dan minuman yangdihalalkan serta didapat dengan cara yang tidak diridloi oleh Allah. Berlebihan dalammakan dan minum termasuk perilaku tercela dan dapat mendatangkan kerugian padapelakunya dan orang lain. Kerugian itu misalnya, malas bekerja, malas belajar, terjangkitsuatu penyakit dan mudah membuang-buang waktu serta dapat merusak sumber-sumber bahan makanan dan alam yang merugikan orang lain.Seseorang dianggap berlebihan dalam berpakaian apabila melampaui batas-batas yang dihalalkan syara'. Misalnya berpakaian serba mewah tatkala berkumpul denganorang-orang miskin sehingga menimbulkan rasa sombong bagi pemakainya danmenimbulkan rasa iri bagi yang memandangnya, berpakaian melampaui bataskewajaran dan kesopanan dengan membuka aurat atau mempertontonkan keindahantubuh bagi wanita, pergi ke masjid dengan pakaian warna-warni dan bergambar yangindah sehingga orang tidak khusyu beribadah ketika memandangnya. Namun ketikamemakai pakaian yang bagus ke masjid bahkan dianjurkan namun tetap tidak berlebihan.Membelanjakan hartaIsraf dalam membelanjakan harta maksudnya sikap menghambur-hamburkanharta benda (boros) untuk hal-hal yang tidak diridhai Allah dan tidak bermanfaat sertamembelanjakan melebihi kebutuhan dan penghasilannya atau berfoya-foya dalam hidup.Israf dalam membelanjakan harta seperti itu dilarang karena akan mendatangkan kerugian. 
Pemboros-pemboros itu dianggap saudaranya setan, karena mereka itu selalumengikuti kemauan setan untuk melakukan perbuatan yang merugikan bagi diri merekasendiri dan mungkin bagi orang lain. Perbuatan itu misalnya seperti :
1).Menghambur-hamburkan uang untuk perjudian, bermabuk-mabukan, prostitusi danlain-lain.
2).Membelanjakan harta di luar kebutuhan dan kemampuannya
3).Menghalalkan cara untuk mendapatkan harta seperti suap dan korupsi.Setiap muslim dilarang boros sebaliknya disuruh untuk hidup sederhana. Sikapboros dan kikir merupakan hal yang tercela sedangkan hidup hemat, sederhana, dan bersahajamerupakan akhlak mulia yang harus dimiliki oleh setiap muslim muslimat. Islam tidak melarang umtnya untuk memiliki harta yang banyak, bahkan Islammenyuruh umatnya untuk kaya. Hanya saja dianjurkan untuk hidup tetap sederhana.Selain hartanya yang banyak itu digunakan untuk mencukupi kebutuhan diri dankeluarganya, juga diinfakkan ke jalan Allah dengan memajukan Islam di bidang ekonomi, sosial,pendidikan dan dakwah serta membantu orang fakir dan miskin.Hal-hal yang menjadi sebab timbulnya israf dalah sebagai berikut :
1).Keluarga. Bisa jadi karena pada saat kecil dulu ia dalam kekurangan, maka saat
sudah berkeluarga dan mapan maka ia tidak ingin anaknya seperti ia dulu, sehinggaakan memanjakan anak dengan berlebihan. Bisa juga karena kompensasi anakditinggal seharian dirumah sehingga apa saja maunya dituruti. Itu yang berasal darianak, mungkin pula suami, saudara, kakak, adik, dll yang mendorong kita berbuatisraf.
2).Kelapangan rezeki setelah ditimpa kesulitan ekonomi. Dengan adanya kelapangan
rezeki membuat kita mengarah pada israf. Nabi bersabda, "Demi Allah, bukanlahkefakiran yang aku takutkan atas kalian. Melainkan yang aku takutkan atas kalianadalah ketika dilapangkan atas kalian dunia seperti pernah dilapangkan atas kaumsebelum kalian. Lalu kalian berlomba-lomba dalam urusan dunia itu dan dunia itupunakhirnya membinasakan kalian sebagaimana ia membinasakan mereka" (HRBukahari dan Muslim).
3).Berteman dengan orang-orang yang biasa israf 
4). Lalai terhadap kedahsyatan keadaan hari kiamat
5). Lupa terhadap realitas kehidupan manusia umumnya dan kaum musliminkhususnya.Hal-hal yang harus kita lakukan untuk menghindari israf ialah :
1).Merenungkan dampak negatif dari israf, sehingga ada semangat untuk
menghindarinya
2).Berjanji pada diri sendiri dengan tekad membara untuk melawan israf dengan
memparbanyak amal shalih
3).Merenungkan secara mendalam sabda Nabi yang mengancam pelaku israf 
4).Membaca dengan seksama sejarah hidup salafus shalih dan kesederhanaan mereka.


TABZIR
Yang dimaksud dengan tabzir ialah menggunakan/ membelanjakan harta kepadahal yang tidak perlu, atau disebut juga boros. Allah SWT. menganggap orang tersebutsebagai temannya syetan. Sebagaimana firman Allah berfirman. 

Artinya:” Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepadaorang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamumenghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangatingkar kepada Tuhannya.” (QS Al Isra’ : 26-27)



Berlebihan atau boros adalah menghamburkan harta dalam hal yang tidak
diperintahkan Allah dan tidak ada manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain,bahkan terkadang merusak. Adapun mubazir adalah orang yang melakukan perbuatanboros tersebut. Hal ini hukumnya haram Pemboros cenderung cepat menjadi miskin atau fakir dan kemudian menjadikafir. Oleh karena itu, seorang mukmin yang baik tidak bersikap boros dan tidak pulakikir dalam membelnjakan hartanya. Harus ada keseimbangan di antara kedua macamsifat tersebut yang senantias di pelihara dan dijaga.
Harta yang merupkan karunia Allah, hendaknya tidak dihambur-hmburkan untukhal-hal yang tidak bermnfaat atau tidak ada perintahnya karena hal itu termasuk
pemborosan. Sabda Nabi Muhammad saw. 
“Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, ia berkata, “Rasulallah saw bertemudengan Sa’ad pada saat berwudu, lalu Rasulallah menegur ”Alangkahborosnya wudumu itu wahai Sa’ad!” Sa’ad berkata, “Apakah didalam berwuduada pemborosan? ”Rasulallah saw.bersabda,”Ya, meskipun kamu berada ditepisungai yang mengalir.”(HR Ahmad dan Ibnu Mjah)
 
Kiat-kiat untuk menjauhi perilaku berlebihan adalah sebagai berikut :
1).Hemat dan tepat dalam menggunakan harta (efektif dan efisien).
2).Menabung untuk masa depan.
3).Bersedekah dan menunaikan zakat bila sudah sampai nisabnya.
4).Memberikan bantuan kepada musafir (orang yang dalam perjalanan) untuk tujuan
yang diridai Allah, yaitu berupa bantuan dan pertolongan agar tujuannya tercapai.
5).Mempererat tali persaudaraan dan hubungan kasih sayang, bersikap sopan, dan
membantu meringankan penderitaan kaum duafa.
6).Mengadakan kegiatan amal saleh seperti membiayai anak asuh, lanjut usia, dan
prasejahtera.
Pola hidup sederhana memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya sebagai berikut:
1).Terhindar dari sifat-sifat buruk,seperti rakus, iri hati, kikir, dan sombong.
2).Bersikap konomis dan membiasakan diri menabung demi kepentingan yang lebih
besar dan bermanfaat di masa depan.
3).Terhindar dari kemiskinan karena pola hidup sederhana dapat menghindari
kekurangan dan terbiasa merasa cukup sehingga bisa berbagi dengan orang lainatau kaum duafa.
4).Disukai banyak orang karena ia tidak akan menyakiti atau menyinggung perasaan
orang lain dengan gaya dan sikap hidupnya. Orang kaya yang rendah hati danbersikap sederhana akan dipandang sebagai orang yang mulia di dalam masyarakat,sebaliknya orang yang kaya,tetapi kikir dn sombong pasti akan dijauhi karenasikapnya terhadp orang lain akan menjadi negative


GHIBAH
Seringkali ditemui dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang yang melepas lelahdari kesibukannya, sementara beristirahat berkumpul bersama teman-teman tanpadisadari terlepaslah pembicaraan-pembicaraan yang menyangkut aib atau kelemahanorang lain, yang apabila orang yang dibicarakan itu mendengar, maka ia akantersinggung atau marah. Perbuatan ini dalam istilah akhlak disebut ghibah. Perbuatanseperti ini tampaknya memberi kenikmatan tersendiri bagi si pelakunya, ia tidakmenyadari bahwa ghibah sangat dilarang oleh syariat Islam. Karena ghibah dapatmenimbulkan berbagai masalah yang berhubungan dengan orang lain atau orang banyak.Pengertian ghibah adalah mengumpat atau menggunjing. Yakni, suatu perbuatanatau tindakan yang membicarakan aib seseorang di hadapan orang lain. Perbuatanseperti ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan seseorang yang memperhatikan dirinyasendiri karena merasa dirinya lebih baik daripada orang lain Dapat juga disebabkanoleh kebiasaan orang yang sedang dibicarakan. Tapi tidak melihat akibat dari gunjingan,dan umpatan yang dilakukannya. Karena, akibat dan gunjingan dan umpatan itu orangakan merasa terhina, tercela, dan nama baiknya telah ternodai oleh gunjingan tersebut.Hal ini dilarang oleh ajaran agama Islam, karena perbuatan dan perilaku seperti initermasuk perbuatan tercela bahkan dosa besar 
orang yang suka berbohong atau berdusta Perbuatan lain yang semacam dengan ghibah adalah
naminiah.
Naminiahartinya fitnah atau adu domba, dengan tujuan agar terjadi perpecahan di antara keduapihak. Allah SWT berfirman : Artinya : Dan janganlah kamu ikuti Setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina,Yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah, (QS Al-Qalam ; 10 – 11)Nabi Muhammad saw. Artinya : “ Dari Abu Darda’ r.a., dari Nabi Muhammad saw., beliau bersabda, “ Barangsiapa mencemarkan kehormatan saudaranya, maka Allah akan mencampakkankehormatan dirinya, maka Allah akan encampakkan api neraka melaluimukanya nanti pada hari kiamat.” (HR Turmuzi).
Kiat untuk menjuhi sifat ghibah diantaranya adalah sebagai berikut :1).Menyelenggarakan kegiatan sosil agar terhindar dri permusuhan.
2).Memupuk kerjasama atas dasar kebajikan dan taqwa sehingga dapat tercipta
ketahanan sosial.
3).Memelihara hubungan persaudaraan, persatuan, dan kesatuan sesame umat dan
bangsa

 

4).Persoalan yang timbul dipecahkan dengan cara musyawarah Memberikan maaf atas kesalahan orang lain tanpa harus menunggu lebih dulu danmampu menahan amarah sebagai latihan untuk menungkatkan kualitas ketaqwaan
Fitnah
Dalam bahasa sehari-hari kata ‘fitnah’ diartikan sebagai penisbatan atau tuduhansuatu perbuatan kepada orang lain, dimana sebenarnya orang yang dituduh tersebut tidakmelakukan perbuatan yang dituduhkan. Maka perilaku tersebut disebut memfitnah..Fitnah merupakan sifat yang tercela, karena usaha seseorang untuk
mencemarkan nama baik orang lain, sehingga orang yang tidak mengerti persoalanmenganggap bahwa fitnah itu benar. Sehingga opini masyarakat akan negative kepadakelompok atau seseorang yang kena fitnah tersebut. Fitnah itu lebih kejam daripembunuhan.

upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran fitnah atau menangkalfitnah, setiap manusia, terutama muslim,.
1).Gemar untuk mengadakan aksi sosial (beramal saleh) secara terus-menerus.
2).Jangan kikir (pelit), artinya harus memiliki hati pemurah (dermawan) dengan
merealisasikannya dengan memberi sedekah kepada fakir miskin, yatim piatu, danlain-lain.
3).Memupuk silaturahmi atau membina persaudaraan. Ikut aktif melaksanakan amar 
makruf nahi munkar, yaitu mengjak kepada kebaikan dan mencegah darikemungkaran.
4).Amanah (terpercaya), artinya segala perkataan dan prbuatannya sangat dipercaya
mengandung kebenran, tidak berbohong dan memegang teguh amanah yangdipercayakan kepadanya.

latihan
                  1. Jelaskanlah pengertian tabzir!
2. Jelaskan pengertian israf!
3. Jelaskan pengertian Ghibah
4. Jelaskan pengertian Fitnah.
5. Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan jelaskan maksudnya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar